Kuasai Teknologi, Dunia dalam Genggaman

Tampil dengan penuh percaya diri dan menguasai setiap materi yang ditanyakan oleh moderator atau mahasiswa dalam kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru Non Pendas masa registrasi 2013.2 di UPBJJ-UT Bandung. Enrica Iskandar dan Nasya Iskandar adalah dua orang mahasiswa UT yang diundang dalam kegiatan tersebut untuk berbagi ilmu dan kiat-kiat pengalaman mereka belajar di UT.

Kakak beradik ini terdaftar sebagai mahasiswa di UPBJJ-UT Bandung, Enrica pada jurusan Ilmu Teknologi Pangan S-1 dan Nasya pada jurusan Akuntansi S-1. Bagi Nasya belajar adalah sebuah kebutuhan yang harus terus ditunaikan dalam setiap waktu, sehingga tidak heran kemana-mana modul UT selalu dalam dekapannya. Dua mahasiswa yang hobbymembaca ini, pada semester 6 menunjukkan prestasi akademik yang baik, Nasya dengan IPK 3,93, sedangkan sang kakak, Enrica memperoleh IPK 3,64.

Kedua mahasiswa yang sama-sama menyukai acara talk show Oprah Winfrey ini sudah membuat target untuk menyelesaikan studi di UT dalam waktu 7 semester. Mereka setiap semesternya sudah merencanakan matakuliah apa yang akan diregistrasi sekaligus menyiapkan modul dalam jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan ujian. Semua fasilitas yang disediakan di web UT diikuti mulai dari forum tutorial online untuk setiap matakuliah yang tersedia, Perpustakaan Digital UT, Latihan Mandiri Online, Forum Komunitas UT Online, hingga Forum Bimbingan Konseling (Forum Fakultas dan Forum Program Studi). Perpustakaan Digital UT dimanfaatkan untuk mengetahui intisari dan tingkat kesulitan dari setiap matakuliah yang nantinya digunakan untuk merencanakan matakuliah yang akan ditempuh disetiap semester. Latihan Mandiri Online dipergunakan sebagai latihan menjelang Ujian Akhir Semester (UAS). Sementara Forum Komunitas UT Online dan Forum Bimbingan Konseling menjadi tempat untuk saling berbagi pengalaman dengan mahasiswa-mahasiswa lainnya.

Enrica dan Nasya menegaskan tentang pentingnya mengikuti setiap inisiasi, diskusi dan tugas yang diberikan dalam Tutorial Online (tuton). Inisiasi, pertanyaan, diskusi dan tugas membantu mereka dalam me-review dan memahami setiap modul yang telah dibaca. Materi-materi yang tidak mampu dipahami juga dapat didiskusikan dengan mahasiswa-mahasiswa lainnya dalam Forum Diskusi setiap matakuliah yang bersangkutan. Kelebihan lain dalam mengikuti tuton adalah dapat memberikan kontribusi sebesar 30% pada nilai akhir mahasiswa. Nilai tuton yang dapat berkontribusi pada nilai akhir ini tidak pernah disia-siakan oleh mereka.

Enrica yang begitu cekatan saat membuka menu-menu yang ditampilkan dalam Web UT, dan hafal betul letak-letak menu yang akan dituju dalam melakukan demo kepada para mahasiswa baru UT di UPBJJ Bandung, menambahkan bahwa mahasiswa UT harus mampu menguasai teknologi minimal dalam penguasaan jaringan internet. Dengan teknologi, kita akan mengetahui seluruh informasi yang ada di belahan bumi manapun.

Kedua mahasiswa yang supel ini sudah berencana untuk menyelesaikan S2 dan S3 nya di Amerika Serikat. Tahun 2014 sudah dipastikan akan menetap di negeri Paman Sam dalam menyelesaikan segala cita-cita pendidikannya, Selamat Berkaya….anak muda !!! (Dewi Priamsari, PJ. Kemahasiswaan - UPBJJ BANDUNG)