Artikel

Sekda Landak Hadiri Orientasi Studi Mahasiswa Baru Universitas Terbuka Pontianak

Oleh Admin | 2023-09-09

Universitas Terbuka  (UT)  Pontianak melaksanakan kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) di Aula Kantor Bupati Landak yang secara langsung dibuka oleh Vinsensius Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Landak pada sabtu, 9 September 2023 pagi. OSMB merupakan kegiatan pengenalan mengenai proses belajar di UT yang menerapkan sistem belajar jarak jauh, Tujuan OSMB bagi mahasiswa UT adalah mengenal dan memahami sistem pembelajaran di UT serta mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar mandiri dan melaksanakan norma – norma yang berlaku di UT, khususnya yang terkait dengan Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa.

Dalam sambutan Vinsensius Sekda Landak, Mahasiswa UT tentunya mampu  untuk memperoleh  Indeks Pembangunan Manusia  (IMP) yang sangat berperan penting dalam pembangunan perekonomian modern sebab pembangunan manusia yang baik akan menjadikan faktor-faktor produksi mampu dimaksimalkan. Mutu penduduk yang baik akan mampu untuk berinovasi mengembangkan faktor-faktor produksi yang ada, salah satunya adalah mengolah Tanah agar tidak kelaparan dan tidak sana sini pinjam, dan nantinya juga mahasiswa-mahasiswi mampu untuk mandiri.

lebih lanjut, Vinsensius menyebutkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yaitu mengukur capaian pembangunan manusia berbasis sejumlah komponen dasar kualitas hidup. Sebagai ukuran kualitas hidup, IPM dibangun melalui pendekatan tiga dimensi dasar. Dimensi tersebut mencakup umur panjang dan sehat; pengetahuan, dan kehidupan yang layak. Ketiga dimensi tersebut memiliki pengertian sangat luas karena terkait banyak faktor. Untuk mengukur dimensi kesehatan, digunakan angka harapan hidup waktu lahir. Selanjutnya untuk mengukur dimensi pengetahuan digunakan gabungan indikator angka melek huruf dan rata-rata lama sekolah,tutup Vinsensius. (yohanes)